SMP Negeri 2 Gelar IHT Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK (Google Site)

SMPN 2 Eromoko pada hari Senin 27 Desember 2021 menggelar kegiatan In House Training (IHT) untuk menambah khasanah keilmuaan para guru. IHT yang dilaksanak di laboratorium TIK SMP Negeri 2 Eromoko ini mengambil tema  Pembuatan Media Pembelajaran  Berbasis TIK (Google Site). In House Training pada awal semester genap tahun pelajaran 2021/2022 ini diselenggarakan oleh SMP Negeri 2 Eromoko dengan nara sumber Bapak Junarwan S.Pd dengan di ikuti seluruh guru di SMP Negeri 2 Eromoko. Kegiatan IHT ini diikuti dengan penuh antusias dan semangat belajar yang tinggi dari bapak ibu guru. 

Tujuan dari kegiatan IHT Pembuatan Media Pembelajaran  Berbasis TIK (Google Site) adalah, memperkuat komitmen Pendidik  untuk bersama sama meningkatkan kinerja, dan kompetesi serta sekaligus penyusunan media pembelajaran berbasis TIK.. hal ini karena tuntutan zaman yang mengharuskan para pendidik untuk mampu menguasai Teknologi. Adanya pandemi Covid-19 juga mempengaruhi pola kegiatan pembelajaran yang awalnya tatap muka di sekolah kini harus melalui daring dengan berbagai platform pembelajaran.  

Junarwan S.Pd selaku narasumber memaparkan beberapa materi mengenai konsep pembelajaran berbasis teknologi, materi inti dari IHT ini adalah Pembuatan Media Pembelajaran  Berbasis TIK (Google Site) pembelajaran di kelas melalui daring. Selama 1 hari, peserta IHT mengeksplorasi fitur-fitur yang ada pada laman google site. Belajar membuat tampilan pembelajaran dari pembuatan tujuan, materi, evaluasi, menambahkan foto mapun video pada akun google site dan lain-lain. Pada kegiatan praktik pembuatan media pembelajaran, peserta membuat satu media dalan satu KD sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dengan memasukkan bahan ajar, penugasan, soal-soal yang akan dipelajari dan dikerjakan siswa secara mandiri maupun kelompok.

Kegiatan IHT ini ditutup pada tanggal 27 desember 2021 oleh Kepala SMP Negeri 2 Eromoko, Bapak Kabul Suripto, S.Pd. Beliau berharap dengan kegiatan IHT ini para guru dapat menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang akan membuat kegiatan di kelas menjadi lebih menarik, mudah difahami, dan bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *